Rabu, 14 maret 2012
Komunikasi massa adalah dengan komunikasi massa seseorang dapat menjadi bijak.
Tujuan komunikasi massa:
- Bisa menyesuaikan diri dengan masyarakat
- Bisa memainkan tentang apa yang terjadi (pengaruh luar biasa)
- Bisa saling mengenal
Signifikan atau kemampuan dari media massa atau komunikasi massa:
- Dengan komunikasi massa, seseorang dapat menjadi bijak dan cerdas. Ket : Bijak : Harus akurat (berdasarkan persyaratan) selektif.
- Mampu membentu opini publik
- Mampu menentukan isu-isu
- Memberikan kesamaan kerangka berfikir
Denis mengatakan : "Bahwa media massa adalah Industri" karena media massa merupakan perusahaan yang berstruktur dan memproduksi sesuatu yang nyata dan tidak nyata. Nyata dalam bentuk seperti surat kabar yang diproduksi besar-besaran tidak nyata seperti informasi.
Komunikasi transidental adalah komunikasi antara diri sendiri dan Tuhan (melalui sholat).
Media Massa merupakan lokasi untuk menampilkan peristiwa-peristiwa yang ada di masyarakat
Komunikasi massa adalah suatu proses menyampaikan pesan dari komunikator (bukan individu) terhadap khalayak luas melalui media massa yang bersifat heterogen dalam segala aspek.
Ciri-ciri komunikasi massa:
- Sumber adalah institusi
- Komunikator bukan individu tetapi konstitusi
- Komunikator profesional
- Pesannya tidak unik, tetapi bersifat umum (terbuka), beraneka ragam dan bisa diprediksi
- Feedbacknya tertunda
- Pesan disampaikan satu arah (one way)
- Komunikannya heterogen dalam arti segala aspek
- Pesannya merupakan produk yang mempunyai nilai tukar
Sasaran komunikasi massa adalah khalayak luas.
Media yang digunakan adalah media massa (one way), media telematik (elektronik) (two ways).
Yang dikaji komunikasi massa : media massa:
- Makro : Media massa : Publik.
- Mikri : Media massa : audiens.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar