Senin, 08 Oktober 2012

Pengertian Komunikasi Massa

Rabu, 14 maret 2012

Komunikasi massa adalah dengan komunikasi massa seseorang dapat menjadi bijak.
Tujuan komunikasi massa:

  • Bisa menyesuaikan diri dengan masyarakat
  • Bisa memainkan tentang apa yang terjadi (pengaruh luar biasa)
  • Bisa saling mengenal
Signifikan atau kemampuan dari media massa atau komunikasi massa:
  • Dengan komunikasi massa, seseorang dapat menjadi bijak dan cerdas. Ket : Bijak : Harus akurat (berdasarkan persyaratan) selektif.
  • Mampu membentu opini publik
  • Mampu menentukan isu-isu
  • Memberikan kesamaan kerangka berfikir
Denis mengatakan : "Bahwa media massa adalah Industri" karena media massa merupakan perusahaan yang berstruktur dan memproduksi sesuatu yang nyata dan tidak nyata. Nyata dalam bentuk seperti surat kabar yang diproduksi besar-besaran tidak nyata seperti informasi.

Komunikasi transidental adalah komunikasi antara diri sendiri dan Tuhan (melalui sholat).
Media Massa merupakan lokasi untuk menampilkan peristiwa-peristiwa yang ada di masyarakat
Komunikasi massa adalah suatu proses menyampaikan pesan dari komunikator (bukan individu) terhadap khalayak luas melalui media massa yang bersifat heterogen dalam segala aspek.

Ciri-ciri komunikasi massa:
  1. Sumber adalah institusi
  2. Komunikator bukan individu tetapi konstitusi
  3. Komunikator profesional
  4. Pesannya tidak unik, tetapi bersifat umum (terbuka), beraneka ragam dan bisa diprediksi
  5. Feedbacknya tertunda
  6. Pesan disampaikan satu arah (one way)
  7. Komunikannya heterogen dalam arti segala aspek
  8. Pesannya merupakan produk yang mempunyai nilai tukar
Sasaran komunikasi massa adalah khalayak luas.
Media yang digunakan adalah media massa (one way), media telematik (elektronik) (two ways).
Yang dikaji komunikasi massa : media massa:
  • Makro : Media massa : Publik.
  • Mikri : Media massa : audiens.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar